BLOGGER TEMPLATES AND Gaia Layouts »

Selasa, 10 November 2009

Mahir berbahasa jawa

Gue kesel ama temen-temen gue.
Ok, mereka emang baek-baek, tapi gue ga bisa bahasa mereka. . . ! Awalnya, gue ga nyadar bakalan ngumpul ama orang-orang berbahasa aneh ini (dibaca : jawa). Buat gue bahasa jawa tcu ajaib, mirip-mirip ama bahasa isyarat gitu, kalo di pramuka contohnya, kan suka ada tuh sandi-sandi morse, rumput, hewani, nabati, dan rohani. Pokoknya menurut gue bahasa jawa tcu rumit, lebih rumit dari ilmu bahasa inggris gue dikampus. Kesel aja gue, pas baru ospek aja, perasaan gue udah ga enak. Gue inget, waktu itu kita dikasi kelompok menurut absen. Tiap kelompok kebagian 15 orang, kita dikumpulin di satu kelas, punya pembimbing khusus. Pas lagi ngumpul gitu, gue diem aja ga bisa ngomong, yang laen pada becanda, cekikikan, cengengesan, nyengir gorila, ada juga yang kejang-kejang kena ayan. Sebenernya gue pengen ikutan, sayangnya mereka pake bahasa jawa, gue cuma manyun aja liat mereka nyerocos gila. Sampe akhirnya pembimbing kita nunjuk gue jadi ketua kelompok. Ga tau kenapa gue yang dipilih, gue sih terima aja, maybe dia liat gue diem aja kayak orang intelek, so gue dipilih gitu aja! Nama kelompok kita ditentuin ama panitia, kesel banget gue, padahal kalo bisa diganti, pengen banget gue kasi nama kelompok babi. . .huh
acara ospek kita berjalan selama 7 hari, tiap hari kita disuruh nonton promosi dari UKM-UKM dan organisasi. Ga ada yang menarik buat gue, palingan pas liat guestar pencak silat yang penampilannya liar ampe ada yg terbang ketawa-ketawa plus kesurupan! Tapi ada satu UKM yg bikin gue ngakak, UKM itu adalah 'MENWA', yeah, resimen mahasiswa! UKM ini anggotanya berisi orang-orang yang sepanjang idupnya pengen jadi tentara tapi ga kesampean! Ckckck. . .kasian sebenernya, mereka pada pake seragam mirip tentara, rambut mirip tukul, jalannya tegak lurus, persis anak pramuka lagi baris berbaris. Kapan yaa mereka bisa jadi tentara beneran??? Kalo boleh gue ngasi julukan, gue pengen ngasi mereka nama 'tentara langit'. Cocok! Tapi jujur dari dalem ati gue yang sedalem-dalemnya, gue kaga mau jadi menwa. Alesannya, gue masih normal dan ga mau mati sia-sia di medan pertempuran antar mahasiswa!
Ospek gue sukses, gue resmi jadi mahasiswa, meskipun ternyata gue dapet kelas abnormal, temen-temen gue ga ada yg serius, sekalinya ada malah jadi bulan-bulanan anak laen. Ga kerasa hampir satu semester gue kuliah, sering gue denger orang berbahasa jawa dengan liar, cepet banget ngomongnya, kayaknya kalo orang jawa jadi rapper masa depannya bakalan cerah! Gue ga bisa diem aja, gue pengen bisa bahasa jawa, masa orang gila bisa gue kalahin, orang jawa ga bisa gue ikutin?! Emang susah sii sebenernya belajar bahasa jawa, tiap kata dari bahasa ga normal ini mesti gue transletin ke bahasa manusia!hhh. . .
Tapi tekad gue udah bulet, gue mesti mahir berbahasa jawa. Gue pasti bisa!

0 komentar: